Berita


Piala Presiden 2024 Digelar Mulai 19 Juli

Piala Presiden 2024 Digelar Mulai 19 Juli

15 Juli 2024

PIALA PRESIDEN 2024

JAKARTA – PSSI dan PT Liga Indonesia secara resmi memastikan bergulirnya Piala Presiden 2024 sebagai turnamen pra musim sebelum dimulainya BRI Liga 1 2024/25. Piala Presiden 2024 akan berlangsung 19 Juli - 4 Agustus 2024 yang dihelat di Bandung, Bali dan Solo. 

Perhelatan Piala Presiden 2024 akan diikuti oleh sebanyak 8 tim yang dibagi dalam dua grup. 

Grup A menyajikan persaingan antara Persib Bandung, Borneo FC, Persis Solo, dan PSM Makassar. Sedangkan Grup B bermaterikan Bali United, Madura United, Persija Jakarta, dan Arema FC.

Direktur Utama PT Liga Indonesia, Ferry Paulus memberikan penjelasan mengenai Piala Presiden 2024 yang hanya diikuti delapan tim dari total 18 tim kasta tertinggi di Indonesia.

Untuk Persib, Persija dan Arema FC dipilih mengikuti Piala Presiden 2024 karena adalah klub yang sudah sering berpartisipasi. Catatan khusus untuk Arema FC merupakan tim juara bertahan Piala Presiden yang kali terakhir digelar pada 2022 lalu.

“Kita juga memilih tiga tuan rumah yakni Persib, Solo (Persis) dan Bali (United). Empat klub lagi yang berpartisipasi memilihnya dengan mengambil kontestan yang berpartispasi di Asia ada Madura United FC, Persib Bandung juga ada PSM Makassar dan Borneo FC Samarinda. Jadi ada 8,” kata Ferry Paulus pada Press Conference di Jakarta, Senin (15/7). 

Selain itu, dia juga memberikan penjelasan mengenai pembagian grup. “Pembagian grup berdasarkan sedeed. Tuan rumah di Bandung dan Bali,” ucapnya menambahkan. 

Ferry Paulus juga menjelaskan untuk Persija dan Persib dipisahkan karena rivalitas yang ada sehingga tidak bertemu diawal. "Kemudian lainnya kita tentukan lewat peringkat di Regular Series musim lalu,” Ferry menegaskan.

Untuk fase selanjutnya yang berhak melaju ke semi final adalah juara dan runner up masing-masing grup. Untuk tuan rumah semi final dan final akan digelar di Stadion Manahan, Solo.

Di sisi lain, Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden 2024, Maruar Sirait, mengatakan bahwa kompetisi pra musim Piala Presiden 2024 ini akan berhadiah Rp 5 miliar untuk sang juara.