Berita


Pada Babak Penyisihan Grup, Inilah Alasan Penyebutan Tim Tuan Rumah

Pada Babak Penyisihan Grup, Inilah Alasan Penyebutan Tim Tuan Rumah

19 Juli 2024

PIALA PRESIDEN 2024

BANDUNG - Jadwal pertandingan Piala Presiden 2024 secara resmi telah diumumkan ke publik. Pada jadwal itu, tertulis babak penyisihan grup mulai 19 Juli 2024 hingga 26 Juli 2024. Sedangkan babak semi final dan final, akan dilangsungkan pada 30 Juli 2024 hingga 4 Agustus 2024.

Khusus pada jadwal babak penyisihan grup, diinformasikan bahwa Persib Bandung dan Bali United menjadi tuan rumah sebanyak tiga kali (disebutkan di awal pada setiap jadwal pertandingan, red). Sedangkan Borneo FC dan Madura United, diinformasikan bertindak sebagai tuan rumah sebanyak dua kali. Berikutnya, Persis Solo dan Persija Jakarta, masing-masing bertindak sebagai tuan rumah hanya sekali. 

Kebijakan di atas bukan tanpa sebab. Ada pertimbangan teknis untuk menentukan siapa yang bertindak sebagai tuan rumah atau disebutkan lebih awal pada pertandingan yang akan dilaksanakan. 

Seperti yang diketahui, Persib dan Bali United menjadi host pada babak penyisihan grup. Yakni di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung dan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Privilege itulah yang membuat Maung Bandung dan Serdadu Tridatu tiga kali disebutkan sebagai tuan rumah terlebih dulu pada babak penyisihan grup.

Lantas kenapa Persis dan Persija cuma sekali sebagai tuan rumah? Pertimbangannya lebih pada sesuai hasil pada peringkat yang lebih tinggi pada klasemen akhir babak regular series BRI Liga 1 2023/24.

Kebijakan penentuan siapa yang bertindak sebagai tuan rumah seperti di atas, sudah disampaikan pada saat managers meeting Piala Presiden 2024, Senin (15/7). Itu artinya,  semua kontestan sudah memahami dan menyepakatinya sejak awal.