Berita


Gholy Catatkan Pemain Termuda Di Piala Presiden 2024

Gholy Catatkan Pemain Termuda Di Piala Presiden 2024

22 Juli 2024

PIALA PRESIDEN 2024 PERSIJA JAKARTA

GIANYAR - Keramahan Persija Jakarta terhadap pemain muda terus menjadi tradisi. Di Piala Presiden 2024, tiga nama dari level akademi mendapatkan momen promosi ke tim utama. Mereka adalah Aditya Warman, Jehan Pahlevi, dan ?Zahabi Gholy. Ketiganya dapat kepercayaan dari pelatih Carlos Pena untuk merasakan atsmosfer Piala Presiden. 

Bahkan nama terakhir langsung mencuri perhatian. Winger Timnas Indonesia U-16 itu menjadi bagian Persija ketika menang comeback 2-1 atas Madura United dalam partai pertama Grup B Piala Presiden 2024. 

Madura United unggul lebih dulu lewat Haudi Abdillah pada menit kesembilan sebelum Persija bangkit melalui Riko Simanjuntak pada menit ke-42 dan Gustavo Almeida ke-67. Pelatih Persija, Carlos Pena, memainkan Zahaby Gholy pada menit ke-69. Pemain berusia 15 tahun ini menggantikan gelandang berkebangsaan Jepang, Ryo Matsumura. 

"Selamat untuk Zahaby Gholy yang sudah melakoni debut bersama Persija. Mereka sudah bersama-sama dengan kami," ujar Carlos Pena saat konferensi pers usai laga.

"Saya melihat mereka sudah berlatih dengan baik bersama kami. Jadi, mereka punya kesempatan yang sama dengan pemain lain untuk bermain," imbuhnya. 

Pemain asal Bekasi ini melakoni debutnya bersama Persija Jakarta di ajang Piala Presiden 2024 pada usia 15 tahun 7 bulan 14 hari. Ini jadi rekor pemain termuda yang bermain di Piala Presiden. 

Sebelumnya ia tampil memukau selama Piala AFF U-16 2024. Gholy juga menerima penghargaan sebagai pemain terbaik setelah mencetak lima gol sepanjang kompetisi. Gholy mengawali karier sepak bolanya di SSB Garuda Putra. Gholy juga pernah menimba ilmu di SSB Serpong Jaya hingga RMD Batavia. 

Selama masa itu, dia mulai menunjukkan kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar. Dia pernah tercatat sebagai salah satu pencetak gol terbanyak saat di SSB. Bakat sepak bolanya pun mulai terendus oleh tim scout talent Persija Jakarta. Gholy sempat mengikuti seleksi dan resmi diterima sebagai pemain Persija Elite Pro Academy U-16 musim lalu. 

"Jangan cepat puas karena ini masih awal dari perjalanan karier. Saya siapkan mental dan juga persiapkan permainan terbaik dari hati untuk Persija,” kata pemain berusia 15 tahun itu.