Berita


Usai Jalani Dua Laga BRI Liga 1, PSM Fokus Berlaga Di ASEAN

Usai Jalani Dua Laga BRI Liga 1, PSM Fokus Berlaga Di ASEAN

21 Agustus 2024

BRI LIGA 1 2024-25 PSM MAKASSAR

BALIKPAPAN - Setelah sukses mengamankan dua kemenangan BRI Liga 1 2024/25, PSM Makassar kini mengalihkan fokus untuk menghadapi ASEAN Club Championship (ACC) 2024/25.

Dari Bali, tim langsung bertolak ke Balikpapan untuk menjalani laga perdana babak penyisihan Grup A melawan BG Pathum United FC. Pertandingan ini akan berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan pada Rabu (21/8) pukul 18.30 WIB.

Pelatih PSM Bernardo Tavares berharap timnya mendapatkan dukungan langsung dari para suporter untuk menambah semangat dan meraih hasil maksimal. Menurutnya, kehadiran suporter di stadion dapat menjadi faktor pembeda dalam sebuah laga.

“Kita juga membutuhkan suporter kita untuk datang ke stadion. Saya tahu laga hari Rabu dan kebanyakan dari suporter sedang bekerja tapi saya berharap mereka tetap datang ke stadion untuk memberikan semangat tambahan kepada pemain,” ujar pelatih asal Portugal itu.

“Saya tahu juga mereka memberikan pengorbanan dengan datang dari Makassar ke Balikpapan. Pemain akan sangat termotivasi untuk memberikan yang terbaiknya apabila ada suporternya datang sejak pemanasan,” imbuhnya.

Selama persiapan menuju turnamen antar klub ASEAN ini, dia telah melakukan evaluasi dari dua laga yang dijalani di BRI Liga 1 2024/25. Ia menyebut bahwa kunci kemenangan tim terletak pada kemampuan Yuran Fernandes dkk dalam mencetak gol dengan cepat.

”Kunci kemenangan adalah mencetak gol lebih dari pada kemasukan, membuat banyak peluang entah itu on target atau off target,” kata Bernardo Tavares.

Selain itu, dia bersyukur pada laga sebelumnya melawan PSBS Biak, para pemain mampu memahami situasi saat terjadi rotasi pemain dan strategi yang diterapkan.

"Waktu lawan PSBS Biak kemarin, kami punya pemain dengan kecepatan yang bisa menguasai bola ke depan. Kami kontrol dengan bagus, pemain masih fresh, kami mengambil keputusan yang lebih baik,” sambungnya.

Meskipun diprediksi laga melawan BG Pathum akan berjalan sulit mengingat komposisi pemain mereka yang berkualitas, Bernardo Tavares tetap optimistis. 

Dia meminta pemainnya dapat tampil maksimal dan fokus sejak menit awal dalam laga ACC 2024/25 ini. Sebab menurutnya laga ini bukan hanya membawa nama klub, tetapi juga nama Indonesia.

“Untuk mendapatkan hasil yang bagus kita harus fokus 200 persen dari menit pertama sampai akhir,” tandasnya.