Berita


Tiga Pekan Pertama BRI Liga 1 2024/25, Pemain Asing Unjuk Gigi

Tiga Pekan Pertama BRI Liga 1 2024/25, Pemain Asing Unjuk Gigi

30 Agustus 2024

BRI LIGA 1 2024-25

JAKARTA – Kompetisi kasta tertinggi BRI Liga 1 2024/25 baru memasuki pekan ketiga. Dari data statistik tim High Performance Unit (HPU) PT Liga Indonesia, para pemain asing yang bertebaran di 18 kontestan sudah mulai unjuk gigi lewat angka-angka statistik yang ada.

Musim ini memang ada perubahan terkait jumlah pemain asing yang boleh digunakan oleh klub-klub. Ada sebanyak delapan pemain asing yang diizinkan dengan ketentuan hanya enam saja yang boleh bermain dalam satu lapangan secara bersamaan.

Dan regulasi yang diterapkan nampaknya juga membuat para pemain asing ini berlomba-lomba juga untuk menunjukkan performa terbaiknya di tiap laga yang dijalani.

Pada daftar pencetak gol terbanyak hingga laga pekan ketiga, tercatat para pemain asing mendominasi. Nermin Haljeta (PSM Makasssar) memimpin dengan torehan empat gol diikuti Privat Mbarga (Bali United FC) dan Gustavo Almeida (Persija Jakarta) menyusul dengan tiga gol.

Setelah itu, belum ada nama pemain lokal yang mampu mencetak dua gol sepanjang tiga pekan pertama ini. Para pemain lokal Indonesia sejauh ini baru mencetak sebiji gol. 

Untuk tiga peringkat teratas dalam hal assist, Ciro Alves (Persib Bandung) memimpin dengan catatan empat assist diikuti oleh andalan Borneo FC Samarinda, Stefano Lilipaly dengan tiga assist. 

Sedangkan striker lokal Persib, Dimas Drajad ada di peringkat ketiga dengan dua assist bersama Berguinho (Borneo FC), Yuran Fernandes (PSM Makassar) dan  Maciej Gajos (Persija Jakarta).

Untuk intersep, data statistik menunjukkan bek asing Persis Solo, Ricardo Lima tercatat sebagai yang tertinggi dengan melakukan 22 kali dari tiga laga yang dijalaninya. 

Di peringkat kedua ada bek Arema FC, Thales Lira yang melakukan 19 intersep, diikuti bek PSS Sleman, Cleberson de Souza dengan 18 kali. Catatan ini sama dengan yang dilakukan bek lokal PSS, Fachruddin Aryanto dan bek Bali United FC, Ricky Fajrin.

Untuk penyelamatan yang dilakukan penjaga gawang, kiper Borneo FC Samarinda, Nadeo Arga Winata menjadi yang terbanyak melakukan saves yakni 13 kali dalam tiga laga yang dilakoninya. 

Sedangkan di posisi kedua ada kiper PSS Sleman, Alan Jose Bernardon dengan 11 penyelamatan dan diikuti oleh kiper Arema FC, Lucas Frigeri, Satria Tama (PS Barito Putera), M Fahri (Malut United FC) dan Igor Rodrigues (Persita) dengan 10 saves.

Untuk passing sukses, bek Persija Jakarta, Rizky Ridho menjadi yang tertinggi dengan melakukan sebanyak 246 kali. Diikuti oleh Risto Mitrevski (Dewa United FC) dengan 203 diikuti Ronaldo Rodrigues da Souza (Borneo FC) dengan 192. 

Untuk pekan-pekan berikutnya, tentu saja persaingan akan semakin ketat dan seru, baik antar klub kontestan juga antar pemain untuk menjadi yang terbaik.