Berita


Peran Penting GPS, Kondisi Fisik Gelandang Persib Paling Tinggi

Peran Penting GPS, Kondisi Fisik Gelandang Persib Paling Tinggi

10 September 2024

BRI LIGA 1 2024-25 PERSIB BANDUNG

BANDUNG - Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak membuka hasil GPS teknologi sport science yang sering dikenakan pemainnya saat berlaga. Data objektif yang menunjukkan performa fisik pemain sehingga bisa dibaca oleh staf pelatih sebagai acuan menilai performa penggawanya. 

Pada laga terakhir, Persib vs Arema FC di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, dalam pekan ke-3 BRI Liga 1 2024/25, gelandang Mateo Kocijan dan Dedi Kusnandar punya hasil mumpuni soal performa fisik. Hodak menyebutkan, kondisi fisik terbaik selalu dimiliki pemain berposisi gelandang, karena paling banyak berlari. 

“Untuk di laga terakhir, Mateo (Kocijan) dan Dedi (Kusnandar). Biasanya memang gelandang karena mereka yang paling banyak berlari,” sebut Hodak. 

Lebih lanjut ia menyebutkan Marc Klok pun punya data statistik GPS yang bagus. Namun hasil yang mengejutkan adalah Tyronne del Pino, pemain asal Spanyol itu meraih hasil statistik paling bagus daripada pemain lainnya.

“Marc juga selalu punya hasil yang bagus. Contoh hasil mengejutkan yang bisa saya sampaikan kepada kalian adalah Tyronne,” kata Hodak. 

“Dia (Tyronne) punya hasil GPS yang bagus meskipun tidak banyak melakukan sprint tapi hasil dari GPS dia bagus. Selalu gelandang menjadi pemain yang tertinggi,” paparnya. 

Teknologi GPS ini sudah tenar dipakai oleh kontestan BRI Liga 1 2024/25 sebagai alat penunjang tim pelatih dalam memantau kondisi pemainnya berdasarkan data yang valid dan objektif. Pemain tak bisa mengelak jika kondisi kebugarannya buruk, pelatih juga bisa meminimalisir pemainnya dari ancaman cedera karena aktivitas yang terlalu tinggi di lapangan.