Berita


Jebolan EPA, Dony Sabet Gelar Pemain Terbaik ASEAN U19 Boy's Championship 2024

Jebolan EPA, Dony Sabet Gelar Pemain Terbaik ASEAN U19 Boy's Championship 2024

30 Juli 2024

BRI LIGA 1 2024-25 PERSIJA JAKARTA

SURABAYA - Gelandang Persija Jakarta, Dony Tri Pamungkas, sukses menyabet gelar Pemain Terbaik ASEAN U19 Boy's Championship 2024. Penghargaan itu didapat setelah membawa Timnas U-19 menjadi juara di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (29/7) malam.

Sebagai kapten, peran Dony sangat vital di sepanjang kejuaraan. Selain cerdas dalam bermain, sisi kepemimpinannya sebagai kapten pun bisa ia jalani dengan luar biasa.

Di laga perdana (vs Filipina) saja, ia berkontribusi di dua dari enam gol yang tercipta. Ia memberikan dua assist untuk rekannya di Persija, Arlyansyah Abdulmanan. Di laga-laga selanjutnya Dony terus tampil gemilang.

Dony adalah alumni Persija Development. Sebelum promosi ke tim utama pada 2021, Dony adalah bagian dari Persija Elite Pro Academy (EPA) sejak 2020. Ia sempat tampil di EPA U-16, U-18, dan U-20.

Bahkan Semangat Donny menjadi atlet sepak bola sudah terlihat sejak SD. Dia digembleng langsung Joko Sasongko di Lapangan Desa Gumukrejo, di barat Balai Desa Gumukrejo, Boyolali. Tidak hanya itu, Dony juga dimasukkan sekolah sepak bola (SSB) Pandanaran.

Lalu karier bolanya makin ditekuni sejak tahun 2017 lalu, ketika bergabung dengan SSB PS Bina Taruna. Setelah kurang lebih dua tahun menimba ilmu di SSB, Dony langsung menembus skuat utama PS Bina Taruna di 2019. Dirinya juga sempat mengikuti seleksi di tim EPA Persija U-16.

Karena permainannya yang apik, Dony berhasil diterima masuk Persija Academy. Satu tahun setelahnya, 2021, Dony yang merupakan pemain muda diajak ikut berlatih bersama tim senior.

Hari Selasa, 28 September 2021, menjadi hari bersejarah untuk Liga 1 dan juga Dony Tri Pamungkas. Sebab, pada hari itu Dony menjadi pemain termuda dalam sejarah Liga 1 yang mulai bergulir pada 2017.

Donny menjalani debut bersama Persija di BRI Liga 1 ketika masih berusia 16 tahun, 8 bulan, dan 17 hari. Ia dimainkan oleh pelatih Angelo Alessio saat Persija Jakarta berhadapan dengan Persita Tangerang. Permainan semakin matang setelah dipoles oleh Thomas Doll dan juga bagian dari Timnas U-23 yg sukses di Piala Asia U-23 bersama Shin Tae-young.

"Alhamdulillah kami bisa menjadi juara di Piala AFF U-19. Ini adalah pencapaian luar biasa bagi saya dan teman-teman. Sebenarnya saya tidak menyangka jadi Pemain Terbaik. Hal itu berkat kerja sama tim. Tanpa mereka saya bukan apa-apa,” ucap Dony.