Berita


Catat, Ada RO Indonesia Pada Final ASEAN Boys U-16 Championship 2024

Catat, Ada RO Indonesia Pada Final ASEAN Boys U-16 Championship 2024

04 Juli 2024

BRI LIGA 1 2024-25

Teknologi Video Assistant Referee (VAR) telah digunakan pada empat pertandingan ASEAN Boys U-16 Championship 2024. Tepatnya pada dua pertandingan babak semifinal, laga perebutan peringkat ketiga dan babak final.  

Dalam perangkat pertandingan VAR yang ditugaskan pada turnamen usia muda tersebut, terdapat wakil dari Indonesia. Itu ada pada salah satu perangkat yang ditugaskan sebagai Replay Operator (RO). 

Seperti diketahui, ketika diputuskan akan diterapkan VAR pada ASEAN Boys U-16 Championship 2024, terdapat 3 RO yang akan bertugas. Ketiganya adalah Kim Beang Il (Korea Selatan), Xu Tuo (Cina) dan Alenne Thresia Laloan (Indonesia).

Menariknya, Allene ditugaskan sebagai RO pada pertandingan final ASEAN Boys U-16 Championship 2024 yang mempertemukan Thailand versus Australia, Rabu (3/7). Pada laga pamungkas ini, Alenne bertugas bersama Hiroyuki Kimura (Jepang) sebagai wasit VAR dan Iida Jumpei (Jepang) sebagai AVAR.

Penugasan Alenne sebagai RO dalam babak final tersebut, memunculkan catatan positif. Ia tercatat sebagai orang Indonesia pertama yang bertugas sebagai RO pada turnamen internasional. 

Apiknya, Alenne sudah lama bergelut di sepak bola. Sebelum dipercaya sebagai RO, cewek berumur 25 tahun ini pernah menjadi pemain di tim sepak bola wanita Pra PON DKI. Sejak 2016, ia juga pernah bertugas sebagai wasit di kompetisi Liga 3 DKI. 

Dalam hal ini, Allene sangat memahami Laws of the Game (LOTG), mampu mengoperasikan peralatan VAR dan pemahaman bahasa Inggris yang cukup mumpuni. “Saya sangat bersyukur dengan pengalaman menjadi RO di ASEAN Boys U-16 Championship 2024. Saya bisa berdiskusi dan belajar banyak dalam banyak hal. Mulai dari manajemen waktu, diskusi soal penerapan VAR di negara-negara lain, dan tentu saja perkembangan telnologi VAR,” sebut Allene.

Sementara itu, penggunaan VAR pada ASEAN Boys U-16 Championship 2024 memunculkan catatan apik lainnya. Selama penerapan VAR di Piala AFF U-16 2024, seluruh teknisi yang bertugas dari Indonesia. Tidak mendatangkan teknisi dari Hawk Aye sebagai penyedia peralatan VAR. 

Untuk technical ground (TG) pada ASEAN Boys U-16 Championship 2024 dipercayakan kepada Dwi Jaya Saputra (Malang) dan Ida Bagus Yoni Diatmika Sutha (Bali).  

Lebih dari itu, penggunaan VAR pada ASEAN Boys U-16 Championship 2024, tercatat sebagai pertama kalinya VAR diterapkan pada turnamen AFF kategori U-16. 

“Kami sangat bangga dengan kepercayaan ini. RO final dipercayakan kepada wakil dari Indonesia. Begitu juga dengan teknisi pendukung dalam penerapan VAR di ASEAN Boys U-16 Championship 2024. Mudah mudahan pengalaman berharga tersebut bisa menjadi modal yang positif buat penerapan VAR pada Liga 1 musim depan,” ucap Asep Saputra, Direktur Operasional LIB yang juga VAR Project Leader, Kamis (4/7).