Berita


Bermotif Kobaran Meteor, Bola Specs Palapa 24 Jadi Simbol Semangat Membara BRI Liga 1-2024/25

Bermotif Kobaran Meteor, Bola Specs Palapa 24 Jadi Simbol Semangat Membara BRI Liga 1-2024/25

25 Agustus 2024

BRI LIGA 1 2024-25

Ada pemandangan yang khas pada gelaran BRI Liga 1 musim 2024/25. Setiap anthem berkumandang sebelum pertandingan, terpajang sebuah bola bermotif kobaran meteor di pinggir lapangan. Bola tersebut dibawa oleh wasit ke tengah lapangan, untuk digunakan oleh kedua tim yang akan bertanding.

Kehadiran bola bernama Palapa 24 yang diproduksi perusahaan olahraga lokal, Specs, itu menjadi pembeda dari kompetisi sebelumnya. Pada musim lalu yakni 2023/24, bola yang digunakan bernama Palapa 23. Jelas, ada perbedaan yang mencolok antara bola musim lalu, dengan yang digunakan musim ini.

Jika diperhatikan, desain bola resmi untuk BRI Liga 1-2024/25 membentuk lidah api berwarna jingga, yang mengekor pada sebuah bulatan dengan balutan warna ungu, merah muda, dan biru. Desain ini terinspirasi dari lidah meteor yang melambangkan semangat pemain, dalam menghadapi kompetisi yang semakin sengit.

Bola Specs Palapa 24 merupakan bola generasi kelima yang digunakan sebagai bola resmi di kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Pada empat musim sebelumnya, bola yang digunakan yaitu Specs Illuzion II Match Ball, Specs Illuzion II Mada 21, Specs Illuzion II Mada 22, dan Specs Palapa 23. 

Untuk musim ini, bola Palapa 24 tidak hanya dipakai di kompetisi level senior seperti Liga 1 dan Liga 2. Bola ini juga akan dipakai di kompetisi kelompok umur seperti Elite Pro Academy (EPA) dan Piala Soeratin untuk semua kategori usia.  

Komitmen Specs dalam memajukan kompetisi di tanah air memang tidak main-main. Bola yang dibuat selalu memiliki kualitas tinggi. Terbukti, Specs menjadi satu-satunya brand lokal yang memproduksi matchball dengan standar FIFA atau Quality Pro FIFA, sehingga bisa dipakai di laga level internasional.  

Selain menyuplai bola resmi, Specs juga menyuplai kebutuhan apparel untuk wasit dan asistennya. Ini merupakan komitmen untuk mendukung sportivitas dan laws of the game. Sekaligus mengangkat peran wasit yang merupakan bagian penting dalam sebuah pertandingan.