Berita


Bali United Beraroma Jepang, Kerja Keras Dan Disiplin Untuk Pemain Muda

Bali United Beraroma Jepang, Kerja Keras Dan Disiplin Untuk Pemain Muda

09 Juli 2024

BRI LIGA 1 2024-25 BALI UNITED FC BALI UNITED FC

GIANYAR - Bursa transfer unik dilakukan oleh Bali United FC dalam menyambut musim baru BRI Liga 1 2024/25.

Manajemen mendatangkan dua pemain asal Jepang sekaligus, yaitu Mitsuru Maruoka dan Kenzo Nambu, untuk memperkuat lini tengah dan memberikan dampak positif bagi tim.

Mitsuru Maruoka adalah pemain pertama yang diperkenalkan sebagai rekrutan baru Bali United. Ia didatangkan dari RANS Nusantara FC, yang harus turun ke Liga 2 musim depan.

Selama dua musim, ia menunjukkan kemampuannya sebagai gelandang serang yang handal dan sebagai kreator dan penghubung. Ia mampu mencetak 18 gol dan memberikan 7 assist dalam 63 pertandingan.

Kemudian Kenzo Nambu, pemain ketiga yang diperkenalkan Bali United. Setelah kontraknya dengan PSM Makassar berakhir, manajemen mendatangkannya secara bebas transfer.

Ia memulai kariernya di Indonesia sejak musim 2022-2023, dengan bermain sebanyak 74 pertandingan, mencetak 23 gol dan memberikan 5 assist di berbagai kompetisi dan turnamen, baik di tingkat lokal maupun internasional.

Selama ini ia berperan kunci dalam membantu PSM meraih gelar juara BRI Liga 1 2022/23 dan menjadi top skor tim dengan 14 gol pada BRI Liga 1 2023/24.

Keduanya bukan nama asing lagi, karena sudah dua musim sebelumnya merasakan atmosfer kompetisi sepak bola Indonesia.

CEO Bali United Yabes Tanuri optimistis dengan komposisi tim musim depan. Ia yakin Mitsuru Maruoka dan Kenzo Nambu mampu menerjemahkan instruksi pelatih dengan baik di lapangan.

Dengan performa cemerlang dan karakter pemain Jepang yang dikenal pekerja keras dan disiplin, mereka dapat menjadi contoh bagi pemain muda lokal.

"Menurut saya, pemain Jepang dari karakter kepribadian mereka adalah pekerja keras. Ini sangat penting untuk tim," kata pria berkaca mata tersebut.

"Mereka adalah pemain yang bisa mengikuti petunjuk dari pelatih. Ini sangat penting, terutama jika kita ingin mengandalkan pemain muda yang bisa mengikuti etos kerja keras dari pemain asing," imbuhnya.

Sependapat dengan manajemen, pelatih Bali United Stefano Cugurra menyebut bahwa Mitsuru Maruoka dan Kenzo Nambu memiliki tipe pekerja keras dan disiplin tinggi, yang membuat lini tengah bermain lebih cepat.

“Pemain Jepang punya disiplin, saya juga sudah pernah kerja sama dengan pemain Jepang saat saya di Thailand. Dia juga punya pengalaman dan kualitas, membuat lini tengah kita lebih cepat,” ujarnya.

Ia juga menceritakan bahwa dua pemain tersebut selalu diwaspadainya ketika Bali United melawan RANS Nusantara maupun PSM Makassar musim lalu.

Kini, Maruoka akan mengisi pos gelandang tengah, sementara Kenzo Nambu akan mengisi pos gelandang serang yang ditinggalkan pemain sebelumnya.

Seperti yang diketahui, beberapa nama pemain di lini tengah Bali United musim sebelumnya, seperti Eber Bessa, Mohammed Rashid, Ramdani Lestaluhu, dan Fadil, sepakat tidak melanjutkan kerja sama untuk musim berikutnya.