Berita


Nusantara Open 2023 Berakhir Dengan Sempurna, Tahun Depan Ada Sepak Bola Wanita

Nusantara Open 2023 Berakhir Dengan Sempurna, Tahun Depan Ada Sepak Bola Wanita

21 Desember 2023

NUSANTARA OPEN 2023

Turnamen berskala nasional yang bertujuan mewadahi pembinaan sepak bola usia dini kategori U-17, Nusantara Open 2023, resmi berakhir pada Kamis (21/12/2023). Persib Bandung yang notabene juara bertahan mampu mempertahankan gelarnya tahun ini.

Nusantara Open 2023 berjalan dengan relatif lancar tanpa kendala. Persib berstatus juara, diikuti Bhayangkara Presisi Indonesia FC (runner-up), dan Bali United serta Persija Jakarta sebagai peringkat ketiga.

Masing-masing tim mengantongi hadiah uang pembinaan yang nilainya tergolong fantastis, yakni Rp1 miliar untuk Persib, Bhayangkara FC (Rp750 juta), Bali United (Rp250 juta), dan Persija (Rp250 juta).

Ketua panitia Nusantara Open 2023, Fary Djemy Francis, mengapresiasi Prabowo Subianto yang telah memprakarsai turnamen usia dini ini. Dia memastikan tahun depan akan kembali bergulir, bahkan ditambah sepak bola wanita.

"Hari ini Nusantara Open telah selesai. Total 16 tim muda, 480 pemain, dan 31 pertandingan selama delapan hari melahirkan satu juara, Persib," kata Fary Djemy Francis.

"Inilah mimpi besar Pak Prabowo yang didukung dengan program sin bins dari fase grup hingga final. Kami berharap tahun depan turnamen prakarsa Prabowo ini dilengkapi sepak bola wanita. Terima kasih kepada seluruh sponsor," imbuhnya.

Di sisi lain, Menpora Dito Ariotedjo yang turut hadir menyaksikan laga final Nusantara Open 2023 menitipkan harapan terkait pembinaan sepak bola wanita. Dia berharap bisa terealisasi tahun depan.

"Saya mengapresiasi panitia Nusantara Open yang telah sukses menyelenggarakan turnamen. Menggali potensi atlet muda. Saya yakin talent scouting akan sangat dibutuhkan," ujar Dito Ariotedjo.

"Nusantara Open sudah dua kali berturut-turut. Semoga selalu ramai. Terima kasih tahun depan ditambah sektor wanita yang kompetisinya masih minim di Tanah Air. Kami akan selalu mendukung upaya-upaya mengembangkan olahraga nasional," tandasnya.