Berita


Nusantara Open 2023: ASIOP FC Heroik Lolos Ke 8 Besar Temani Persis Solo

Nusantara Open 2023: ASIOP FC Heroik Lolos Ke 8 Besar Temani Persis Solo

16 Desember 2023

NUSANTARA OPEN 2023 PERSIS SOLO U17 ASIOP U17

Sebuah kejutan terjadi di Grup D turnamen berskala nasional yang bertujuan mewadahi pembinaan sepak bola usia dini kategori U-17, Nusantara Open 2023, Sabtu (16/12/2023). ASIOP FC yang notabene bukan termasuk tim elite dari Liga 1 justru melaju ke babak 8 besar.

ASIOP FC memastikan diri lolos ke babak 8 besar Nusantara Open 2023 sebagai runner-up Grup D menyusul kemenangan tipis 1-0 atas Bintang Timur Atambua dalam laga pamungkas di Kompleks Garudayaksa Football Academy, Cisaat, Kab. Bekasi, Jawa Barat.

Gol semata wayang kemenangan ASIOP FC disumbangkan oleh pemain timnas Indonesia yang tempo hari berkiprah di Piala Dunia U-17 2023, Ji Da Bin. Dia melepaskan tembakan keras nan akurat sedikit dari dalam kotak penalti pada menit ke-38.

"Hari ini kami bisa menang karena menghadapi lawan yang secara kualitas kami lihat berasa di bawah PSIS Semarang dan Persis Solo. Bagus kami bisa lolos ke babak 8 besar," kata Direktur Akademi ASIOP FC, Pedro Javier Banuelos Saez.

Melihat seluruh kontestan babak 8 besar Nusantara Open 2023, ASIOP FC merupakan satu-satunya tim yang bukan berasal dari Elite Pro Academy (EPA) Liga 1. Sebuah pencapaian tersendiri buat mereka.

Di babak 8 besar, ASIOP FC akan berjumpa juara Grup C, Bhayangkara FC. Pertandingan akan kembali berlangsung di Kompleks Garudayaksa Football Academy, Cisaat, Kab. Bekasi, Jawa Barat, Senin (18/12/2023).

Ada pun keberhasilan ASIOP FC lolos ke babak 8 besar Nusantara Open 2023 tidak bisa lepas dari kemenangan Persis Solo atas PSIS Semarang di lapangan sebelah. Laskar Sambernyawa unggul tipis 2-1 dan berhak memuncaki klasemen akhir Grup D.

"Syukur Alhamdulillah kami bisa lolos ke babak 8 besar sebagai juara grup. Awalnya kami datang ke sini tanpa target tinggi karena hanya membawa pemain-pemain minim jam terbang di EPA," ujar pelatih Persis U-17, Wahyu Teguh Wibowo.

"Untuk babak 8 besar menghadapi Persija saya kira kami berstatus kuda hitam. I’m Kami akan tampil tanpa beban dan hal itu menjadi modal kami untuk bertanding sebaik mungkin Senin besok," tandasnya.