Piala Presiden 2019 Pecahkan Rekor Rating TV

15 April 2019

Rekor kembali tercipta di perhelatan Piala Presiden 2019. Kali ini bukan dari segi jumlah penonton atau jumlah pedagang kaki lima yang ada dalam satu pertandingan melainkan pemecahan rekor pada catatan rating dan share siaran televisi.

Seperti diketahui, sampai dengan babak semifinal Piala Presiden 2019, rating dan share tertinggi ada pada pertandingan antara Madura United versus Persebaya Surabaya. Pada laga tersebut rating mencapai 4,9 persen.

Sebelumnya, rata-rata dari 39 pertandingan yang sudah dilakoni sampai dengan laga final yang pertama atau tepatnya mulai 2 Maret 2019 hingga 9 April 2019, rata-rata angka rating mencapai 2,8 persen dan share mencapai 15,8 persen.

Catatan angka tersebut sukses terpecahkan dalam laga kedua final Piala Presiden 2019 yang mempertemukan Arema FC versus Persebaya Surabaya, Jumat (12/4/2019) lalu.

Rating pada pertandingan yang dihelat di Stadion Kanjuruhan, Malang tersebut yang terhitung mulai pukul 20.00 hingga 22.00 WIB, menunjukkan angka 9,8 persen dan share mencapai 34,5 persen.

"Ini menunjukkan bahwa sepak bola telah menjadi hiburan yang masif dan grassroot. Segmen penonton bola telah meluas. Tidak hanya laki-laki, namun juga perempuan dan anak-anak," kata Harsiwi Achmad, salah satu anggota Organizing Committee (OC) Piala Presiden 2019.

Harsiwi meyakini, tingginya rating dan share tersebut dipercaya dikarenakan ada kemasan yang menarik sebelum pertandingan.

Sebelumnya, pihak OC memutuskan telah menyiarkan secara langsung beragam paket hiburan yang ada di dalam stadion sebelum kick off.

Seperti penampilan beberapa artis ternama Ibu Kota dan fun game yang mempertandingkan 50 anak-anak kecil melawan 6 legenda sepak bola Persebaya dan Arema FC.

"Perpaduan kemasan tersebut dapat menghipnotis penonton baik yang di lapangan maupun yang di rumah selama 5 jam nonstop. Berikutnya Indosiar akan terus melakukan terobosan untuk terus memajukan industri sepak bola di Indonesia," ujar Harsiwi.